Pages

Selasa, 23 Oktober 2012

Taman Soekasada Ujung, Warisan Raja Bali yang Lestari




Tak lain tak bukan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang Karangasem. Rentang waktu yang lama bukan, hanya untuk menulis kelanjutan kisah tentang secuil bagian dari Bali ini, Karangasem :)

Bali, tak pernah berhenti memanjakan mata. Bali, destinasi wisata yang tergolong favorit dan mendunia. Karangasem, hanya sebagian kecil potret keindahannya.




Taman Soekasada Ujung, juga dikenal sebagai Istana Air Ujung atau Taman Ujung, berada di wilayah paling timur Kabupaten Karangasem, di Desa Tumbu, yang berjarak sekitar dua setengah jam dari Kuta. Istana ini dibangun pada tahun 1919 oleh Raja Karangasem terakhir, I Gusti Bagus Jelantik, yang memerintah di Karangasem antara 1909 dan 1945. Letusan Gunung Agung pada tahun 1963 menghancurkan istana air dan semakin rusak akibat gempa bumi besar tahun 1979. Namun pemerintah telah melakukan pemugaran terhadap tempat ini.



Keindahannya, jangan ditanya. Hanya melihatnya saja, saya jamin anda terkagum-kagum. Bagaimana sepetak rumah bisa ada di tengah-tengah kolam yang sedemikian luasnya. Jembatan yang begitu indah dengan ornamen-ornamen naganya. Angsa-angsa putih yang berkeliaran menyambuti anda. Dan yang paling seru adalah pendakian anak tangga menuju satu petak tempat tertinggi yang ada disana. Lelah dan pegal kaki akan segera terbayarkan ketika anda melihat pemandangan di depan anda. Hamparan biru yang luas itu; Pantai, Entah pantai apa namanya saya tak tahu. Tapi yang jelas, Spot inilah yang sering dikunjungi, bahkan seringkali digunakan untuk shooting FTV. Satu lagi, Kalau anda hobi fotografi, tempat ini layak anda jadikan referensi :) (RDY)



cheers :p

22/10/2012 : 4.48PM

2 komentar:

Anonim mengatakan...

pertemanan tak mengenal waktu dan tempat..
moga bisa mengulang moment itu wlau dalam wktu n tmpt yg berbeda,,
fto2ny keren

RyanDwi mengatakan...

Prami ya? thanks yah pram, sudah berkunjung ke blogku. thanks komentarnya :)